SMK Medical High School & Relawan PENTRI ber-samaTRI mengadakan acara BAKSOS dan Sedekah POHON


Simbolis  penyerahan bibit tanaman kepada Bapak. Lurah Sumur Batu.

Bakti Sosial Cek Golongan Darah Gratis dari SMK MEDICAL HIGH SCHOOL Bersama Mas Tri dan Relawan PENTRI Serta Penanaman Pohon

Dalam rangka cipta kondisi bakti sosial di masyarakat untuk mewujudkan rasa cinta kasih, rasa saling menolong, rasa menolong, rasa saling peduli peserta didik kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan, pada hari ini Minggu 16 Februari 2019 di Rt. 004/003 No. 8 Kelurahan Sumur Batu Kecamatan Bantar Gebang Kota Bekasi. Kegiatan dimulai pukul 09.30  Wib sampai dengan selesai dan dengan jumlah pasien kurang lebih 300 orang.

Murid SMK Medical High School persiapan BAKSOS dipimpinan langsung oleh Ibu. Kepala Sekolah SMK Medical school

Acara dihadiri oleh Bpk Lurah Sumur Batu Abdul Rohman, Bimaspol Bpk. Budi Santoso, Babinsa Bpk. Yusril (3 Pilar Sumur Batu), Staf Kessos dan Pamor Kelurahan Sumur Batu, Bpk. RW Syaiful Anwar, Bpk. RT Asef/Gantrang, Relawan Pentri, Bersama Mas Tri (Samatri), Masyarakat Sumur Batu dan Peserta Didik SMK MEDICAL HIGH SCHOOL.


Ibu Noviyanti S.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bakti Sosial ini merupakan kegiatan yang mana bertujuan untuk cinta kasih, tolong menolong, antar manusia dan Saling berbagi rasa khususnya warga Rt. 004 Kel. Sumur Batu. Kegiatan Bakti sosial ini dapat mempererat solidaritas dengan masyarakat sumur batu dan diharapkan mempunyai dampak yang positif.



Dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Relawan Pentri Abel/Maman Warman. ST Kesehatan masyarakat sangat dibutuhkan dan dikontrol baik kegiatan Bhakti Sosial ini untuk hidup sehat, dan warga bisa memeriksakan kondisi kesehatannya.

Bakti sosial atau lebih dikenal sebagai baksos merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Bakti Sosial merupakan suatu kegiatan  dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merapatkan kekerabatan kita. Bakti sosial diadakan dengan tujuan – tujuan tertentu.

Tujuan Baksos
1.       Mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai sarana aktualisasi diri peserta didik untuk membantu sesama.

Sebagai sesama umat Tuhan YME seharusnya kita saling membantu dengan sesama. Jika kita punya waktu dan bahan sebagai objek yang bisa kita berikan maka sebaiknya kita berikan hal itu untuk membantu mereka yang membutuhkanDisamping itu semua kita bisa menggali rasa peduli kita dengan sesama.

2.       Memberi motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran dalam meningkatkan wawasan.

Dengan kita memberikan bakti sosial berupa ilmu atau pun wawasan yang penting bagi kehidupan sehari – hari (misalnya pengetahuan mengenai kesehatan) maka itu bisa memberikan ilmu / suatu yang penting bagi mereka dan itu mengupgrade wawasan pengetahuan mereka dengan begitu mereka akan sadar akan pentingnya ilmu pengetahuan.

3.       Mempererat hubungan kekeluargaan antara peserta didik dengan masyarakat.

Dengan kita berinteraksi dengan masyarakat (misal nya dalam kegiatan bakti sosial ) maka kita bisa saling kenal dan lebih akrab dengan mereka Sehingga bisa menumbuhkan rasa kekeluargaan dengan masyarakat.Kita secara tidak langsung sebanrnya membutuhkan rasa kekeluargaan dengan masyarakat karena kita hidup berdampingan dengan masyarakat luas dan kita pasti membutuhkan pertolongan mereka sewaktu – waktu.

Bentuk Kegiatan Baksos

Bagi kita semua, pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata “baksos” atau yang merupakan kependekan dari “bakti sosial”. Bakti sosial merupakan suatu bentuk kepedulian kepada pihak sosial atau dalam hal ini adalah masyarakat terutama golongan yang berhak untuk menerimanya. Kegiatan bakti sosial bisa dalam bentuk pemberian bantuan seperti sembilan bahan pokok, donor darah dan pengobatan gratis.

Manfaat Baksos

1. Untuk Masyarakat
a. Sebagai subyek, masyarakat diharapkan memiliki kemampuan mengupayakan peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan di desanya secara mandiri.
b. Sebagai obyek, masyarakat akan mendapatkan pelayanan melalui berbagai rangkaian kegiatan yang menunjang peningkatan kualitas kesehatan, kebersihan dan  pendidikan.

2. Untuk Peserta Didik
a. Sebagai subyek, mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang didapat untuk kepentingan masyarakat secara langsung.
b. Sebagai obyek, bakti sosial adalah sarana pendidikan dan pelatihan non formal bagi peserta didik dengan terjun langsung ke masyarakat


Pelaku Baksos
Mereka-mereka yang merasa peduli dan mampu untuk melakukan bakti sosial adalah subjek yang menjadi pelaku baksos Karena tidak semua orang mau untuk melakukan bakti sosial dengan berbagai alasan maka kita seharusnya bisa menumbuhkan rasa mau melakukan bakti sosial peserta kepada masyarakat Untuk menumbuhkan rasa itu kepada peserta didik tidak lah mudah , dibutuhkan suatu kemauan dasar dari diri mahaiswa itu sendiri disamping adanya factor pendukung dari lingkungan untuk mengajaknya bergabung dalam kegiatan bakti sosial tersebut.


Comments

Popular posts from this blog

Ubahlah Niat Baik Menjadi Perbuatan Baik

Relawan PEN-TRI & Karang Taruna Unit RW.01 dalam giat sosialisasi tanaman hidroponik

SIKAP Relawan PEN-TRI